TEROPONG – KUTAI TIMUR, Untuk terus meningkatkan kualitas produksi pertanian, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kutai Timur pada tahun ini membuat atau membangun lantai jemur padi di 12 titik. Yaitu tersebar di Kecamatan Kaubun, Teluk Pandan dan yang lainnya.

Hal ini disampaikan oleh Sekertaris Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kutai Timur Awang Amir. Ia menerangkan, untuk pembuatan lantai jemur padi pihaknya awalnya harus melakukan pemetaan lahan dan luas pertanian terlebih dahulu. Kemudian, disesuaikan baru bisa dilakukan pembuatan lantai jemur padi.

“Pada tahun ini kita buat lantai jemur padi di 12 titik yang ada di Kabupaten Kutai Timur. Ada di Kecamatan Kaubun, Teluk Pandan dan yang lainnya,” terang dia.

Awang Amir mengaku, tujuan dibuat lantai jemur padi ini adalah untuk memudahkan para petani untuk menjemur sehingga hasilnya berkualitas dan harganya meningkat. Maksud dari penjemuran ini adalah agar kadar air dari hasil panennya bisa berkurang maksimal dan memperoleh komoditas padi kering panen yang berkualitas tinggi.

“Tujuannya tidak lain untuk memudahkan petani saat menjemur hasil panen mereka. Kadar airnya bisa berkurang maksimal dan menghasilkan panenan yang berkualitas tinggi,” ujarnya.

Kata Awang Amir, pada tahun 2023 mendatang Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kutai Timur juga berencana untuk kembali membuat lantai jemur padi. Namun, untuk lokasinya masih belum ditetapkan.

“Tahun depan insyaallah juga akan buat lagi, tapi belum tau dimana dan berapanya,” tambah dia. (Adv-Kominfo/N).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here